Kamis, 25 September 2008

Yuks Bikin NPWP

Wah akhirnya Gw punya NPWP juga, ternyata bikin NPWP itu gampang yah. Gak sesusah yang gw kira cuma klak-klik internet en dateng ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat dah jadi.
Bagi yang belum punya NPWP gak usah takut harus bayar pajak, kan yang kena pajak kalo kita punya kerjaan atau usaha kalo gak punya kerja atau usaha ya gak kena. Jadi NPWP itu bisa buat jaga-jaga kalo loe nanti dapet kerja dan ditanya apa sudah punya NPWP.
:D
Kira-kira gini nih cara-cara Gw untuk bikin NPWP :
  1. berhubung gw lagi gak punya kerjaan (hanya freelance aja) jadi gw gak punya penghasilan tetap, otomatis gw gak bayar pajak, karena kantornya gonta-ganti kadang kerja-kadang dirumah (penghasilan dibawah 1 juta perbulan dan gak tetap).
  2. Berarti Gw adalah Wajib Pajak yang gak kena pajak dan otomatis gw gak bayar pajak.
  3. untuk tipe orang-orang kaya Gw syaratnya cuma foto kopi KK, foto kopi KTP, sama surat domisili kita tinggal, yang kita bisa minta sama RT dan RW di rumah kita.
  4. Isi formulir lewat registrasi internet lewat e-registration DIRJEN Pajak. udah klik aja kata e-registration ini.
  5. setelah selesai print formulirnya, dan bawa ke KPP yang telah ditunjuk, gak usah bingung kita dikasih tau kok di KPP mana kita terdaftar beserta alamat KPP tersebut, harap diinget kalo waktu berlaku formulir ini cuma 30 hari kerja, jadi jangan sampe terlambat.
  6. Bawa Formulir tersebut bersama fotokopi KK, fotokopi KTP, dan surat keterangan domisili kasih aja langsung ke petugasnya, bilang sama petugasnya kalo loe belum kerja sama kalo loe udah registrasi lewat internet.
  7. bim sala bim dalam 15 menit kita dah dapet kartu NPWP kita (tergantung KPP nya loh)
  8. cepet kan.
kalo lo masih bingung cara pake e-registration ini, coba di download cara penggunaannya ini yang berbentuk powerpoint ini

Pesen-pesen :
  • gak dipungut biaya untuk pembuatan kartu NPWP ini
  • coba disamakan nomor wajib pajak yang ada di formulir e-registration dengan nomor wajib pajak di kartu kita.
  • periksa alamat yang tertera di kartu.
  • selamat mencoba.

Tolong komentar

Tolong beri komentar yah biar blog ku semakin maju berkembang.
Komentarnya dapat berupa permintaan tulisan juga kok, dan mudah-mudahan dapat ditulis di blog ini. Aku kasih tulis di request oleh:(nama perequest).